Critical Journal review
Tugas Mandiri II ( Critical Journal Review )
Jurnal I tentang Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam
Mengembangkan Peserta Didik
Mengembangkan Peserta Didik
&
Jurnal II Kepemimpinan profetik islam kepala madrasah
Jurnal II Kepemimpinan profetik islam kepala madrasah
Disusun
Sebagai Salah Satu Tugas Terstruktur Yang Diwajibkan Dalam Mengikuti
Perkuliahan Manajemen Pendidikan Masa Kini
Oleh :
PUTRI
ANNISA ( 1802050128 )
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
TAHUN 2018
/ 2019
KATA
PENGANTAR
Assalammualaikum
Wr. Wb
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang
Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga
saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang
sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan,
petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.
Terima
kasih saya ucapkan kepada Bapak Muhammad Arifin, M.Pd.
selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pendidikan Masa
Kini yang telah membimbing kami dalam makalah ini saya membahas
dan menjelaskan mengenai Critical Journal Review tentang Manajemen
Pendidikan.
Harapan
saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para
pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga
kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan
karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan
kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun
untuk kesempurnaan makalah ini.
Medan,29
Maret 2019
Putri
Annisa
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ______________________________________________i
DAFTAR ISI
_____________________________________________________ ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Manfaat Critical Book Review______________________________________
B. Tujuan Penulisan Critical Book Review _______________________________
C . Identitas Buku Yang Direview ______________________________________
A. Manfaat Critical Book Review______________________________________
B. Tujuan Penulisan Critical Book Review _______________________________
C . Identitas Buku Yang Direview ______________________________________
BAB II RINGKASAN ISI ARTIKEL
A.Pendahuluan_____________________________________________________
A.Pendahuluan_____________________________________________________
B. Deskripsi
Isi_____________________________________________________
BAB III PEMBAHASAN
BAB III PEMBAHASAN
A. Pembahasan Jurnal______________________________________________
B. Kelebihan dan kekurangan Jurnal__________________________________
B. Kelebihan dan kekurangan Jurnal__________________________________
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan __________________________________________________
B. Rekomendasi untuk Jurnal________________________________________
B. Rekomendasi untuk Jurnal________________________________________
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Manfaat Critical
Journal Review.
1.Mengetahui informasi dari kedua jurnal
2. Melatih membuat karya ilmiah
3..Meningkatkan daya pikir kritis
1.Mengetahui informasi dari kedua jurnal
2. Melatih membuat karya ilmiah
3..Meningkatkan daya pikir kritis
B. Tujuan Critical Journal Review
1. Menggali informasi yang dalam tentang bahasa inggris
2. Menyelesaikan salah satu tugas kurikulum dan mata pembelajaran
2. Menyelesaikan salah satu tugas kurikulum dan mata pembelajaran
C.
Identitas Journal yang di review
Jurnal
I
1. Judul : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
2. Nama jurnal :
Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Peserta Didik
3. Edisi terbit : Vol 2 Nomor 1 Maret 2019 Hal
32-39
4. Penulis artikel : Ika Alifiyah, Ali imran &
Jurharyanto
5. Penerbit : Universitas Negeri Malang
6. Kota terbit : Malang
7. Nomor ISSN : 2615-8574
8. Alamat Link : http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Jurnal
II
1. Judul :
Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
2. Nama jurnal :
Kepemimpinan profetik islam kepala madrasah
3. Edisi terbit : Vol 2 Nomor 1 Maret 2019 Hal
26 - 31
4. Penulis artikel :
Agam Hyansantang Maulana,Imron Arifin & Raden Bambang Sumarsono
5. Penerbit : Universitas Negeri Malang
6. Kota terbit : Malang
7. Nomor ISSN : 2615-8574
8. Alamat Link : http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
BAB II
RINGKASAN ISI ARTIKEL
A.
PENDAHULUAN
Review jurnal adalah salah satu cara untuk mempermudah memahami isi dari suatu
jurnal ataupun hasil penelitian yang telah dilakukan atau dibuat. Tujuan dari
review jurnal atau hasil sebuah penelitian untuk mempermudah dalam pembahasan
isi dari hasil penelitian ataupun jurnal yang telah dilakukan atau dibuat. Oleh
karena itu setiap mahasiswa, harus mampu memahami cara kriteria jurnal yang
akan direview. Adapun jurnal yang akan direview adalah :
1. Jurnal yang dipilih adalah jurnal
Internasional (berbahasa Inggris) yang memuat judul, volume, tahun, nomor
jurnal, serta lembaga yang akan menerbitkannya.
2. Jurnal yang akan dibahas dalam
review ini adalah jurnal yang sangat berkaitan dengan mata kuliah Kurikulum dan
Pembelajaran
B.
DESKRIPSI ISI
1. Jurnal 1
Kepemimpinan seorang kepala sekolah adalah kemampuannya
dalam mengelola/memanajemen segala sumber daya yang ada serta mempengaruhi,
membimbing, mengarahkan seluruh warga sekolahnya untuk bisa ikut berpartisipasi
aktif, berkontribusi, serta mendukung segala program dan aktivitas sekolah yang
merupakan misi dan visi dari sekolah. Karena visi sekolah adalah kemudi dari
sebuah sistem sekolah dan pemimpin atau kepala sekolah adalah pemegang
kendalinya. Implementasi penerapan kepemimpinan visioner di SMK Muhammadiyah 7
Gondanglegi ini merupakan salah satu keunikan karena sekolah ini memiliki letak
lokasi yang cukup jauh dari ibu kota namun bisa mendapatkan beragam prestasi
dan penghargaan dari pemerintah, serta sebagai salah satu sekolah rujukan
nasional dan SMK model.Selain itu kepemimpinan kepala sekolah juga diwujudkan
dalam berbagai macam prestasi baik yang diraih oleh kepala sekolah, guru, staf,
hingga peserta didik. Selain prestasi diatas peneliti mendapatkan informasi
bahwasanya sekolah juga memiliki gedung SMK terbesar di Indonesia yang disebut
dengan “The Titanium Building”, yang pada saat ini dalam proses
melanjutkan pembangunan yang direncanakan sebelumnya yaitu 7 lantai. Sekolah
ini juga mendapatkan apresiasi dari pemerintah yang berupa bangunan Teaching
Factory yang telah diresmikan pada 14 April 2017 oleh Mendikbud.
Prestasi-prestasi yang telah diraih ini tentunya berpijak pada visi yang telah
ditetapkan oleh kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yaitu: menjadi sekolah
Islami, unggul, professional, entrepreneur, dan bertaraf internasional. Sehingga
implementasi kepemimpinan visioner kepala sekolah ini mengembangkan nilai-nilai
kepada peserta didik sehingga membentuk karakter melalui pembiasaan-pembiasaan
dalam kegiatan di sekolah.
2. Jurnal II
Kepala sekolah sebagai pemimpin,
diharapkan mampu untuk selalu berhati-hati dan benar-benar serius dalam membawa
nama baik sekolah yang dipimpinnya. Seorang kepala sekolah yang dapat mendorong
kinerja para guru dan stafnya dengan cara menunjukkan sifat yang ramah,
bersahabat, dan penuh pertimbangan terhadap sesuatu yang dihadapi baik kepala
sekolah berperan sebagai individu maupun kelompok dapat menghasilkan sesuatu
yang dapat meningkatkan mutu sekolah itu sendiri. Perilaku seorang kepala
sekolah yang positif seperti itu akan dapat mendorong, mengarahkan, dan memotivasi
para warga sekolah untuk melakukan kegiatan dan pekerjaannya dalam mewujudkan
visi, misi, dan tujuan sekolah. Hal ini juga tidak terlepas dari bagaimana
kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala sekolah dalam memimpin sekolahnya.
Semakin baik prestasi sekolah yang dipimpinnya, maka
jelas kepemimpinan seorang kepala sekolah tersebut juga baik.
Indikator keberhasilan kepemimpinan
kepala sekolah yang bisa dipastikan dapat mencapai tujuan sekolah adalah
kepemimpinan yang berlandaskan pada kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. Hal ini sesuai
dengan yang dijelaskan menurut Zein (2008: 149) yang menyatakan bahwa suatu
kesuksesan yang dicapai oleh Nabi Muhammad Saw selama kepemimpinannya diduga
kuat karena pola yang dibangun adalah berbasis kasih sayang. Ketika pola ini
dipublikasikan kepada orang-orang yang dekat dengannya, mereka berani
mengorbankan apa saja yang mereka miliki. Tentu aja antusias ini diawali dari
bobroknya
moral pemimpin yang selama ini memimpin mereka.
Kepemimpinan yang sudah jelas
mendapatkan ridho Allah Swt maka Insyaallah akan dimudahkan segala urusannya,
terutama dalam hal ini adalah pemimpin. Kepemimpinan profetik Islam ini
merupakan alternatif kepemimpinan yang bisa diterapkan oleh seorang kepala sekolah
dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin di sekolah. Seperti yang dapat
ditemui di MI Muhammadiyah 03 Jogoroto terutama dalam hal kepemimpinan. Pemimpin
MI Muhammadiyah 03 Jogoroto melaksanakan kepemimpinan di madrasah menggunakan
nilai dasar kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. Terdapat empat nilai dasar
kepemimpinan yang telah diajarkan Nabi, yaitu sidiq, amanah,
tabligh, dan fatonah. Kepala madrasah yang terbilang masih berusia muda
dibandingkan dengan mayoritas para guru di madrasah yang menerapkan
kepemimpinan profetik Islam tidak membuat para pegawainya kehilangan rasa
hormat pada kepala madrasah.
BAB III
PEMBAHASAN ISI JURNAL
A.
Pembahasan
1. Jurnal 1
Fokus penelitian ini adalah perumusan visi sekolah,
proses shared vision yang dilakukan oleh kepala sekolah, proses penerapan visi
oleh kepala sekolah, pendekatan yang dilakukan kepala sekolah dalam
implementasi kepemimpinana visioner guna mengembangkan karakter peserta didik,
dan karakter peserta didik yang dikembangkan dalam implemetasi kepemimpinan
visioner kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena
tentang perilaku, tindakan, keadaan menyeluruh pada sebuah subjek penelitian.
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Alasan
menggunakan studi kasus adalah metode penelitian ini memusatkan perhatian pada
suatu kasus yang unik secara intensif dan rinci.
2. Jurnal II
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
mengenai: (1) gaya kepemimpinan
kepala madrasah; (2) tanggapan warga madrasah mengenai kepemimpinan
kepala madrasah;
(3) karakteristik kepemimpinan profetik Islam oleh kepala madrasah;
dan (4) factor pendukung dan penghambat kepemimpinan profetik Islam oleh kepala
madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan
penelitian studi kasus di MI Muhammadiyah 03 Jogoroto Kabupaten Jombang.
Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada analisis data, teknik yang
digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) gaya kepemimpinan profetik Islam oleh
kepala madrasah; (2) warga madrasah menanggapi dengan positif mengenai
kepemimpinan kepala madrasah; (3) karakteristik kepemimpinan profetik Islam
oleh kepala madrasah mengamalkan sifat dasar kepemimpinan Rasul (sidiq,
amanah, tabligh, dan fatonah); dan (4) lungkungan madrasah yang
kondusif, rasa kebersamaan, dan tingginya komitmen menjadi faktor pendukung
kepemimpinan profetik Islam oleh kepala madrasah, sedangkan factor penghambatnya
adalah keterbatasan dan ketidaksempurnaan manusia.
B. Kelemahan dan Kekurangan Jurnal
JURNAL I
Kelebihan
Ø Menjelaskan dangan sangat jelas.
Ø Menyampaikan bagaimana cara atau strategi dalam evaluasi
proses pengembangan manajemen pendidikan
Ø Mengembangkan sketsa faktor yang efektif yang bertanggung
jawab untuk evaluasi manajemen pendidikan
Kekurangan
Ø Tidak ada begitu banyak kekurangan dalam jurnal I ini hanya
ada dalam segi tata bahasa yaitu, dalam jurnal ini menggunakan kata-kata atau
istilah yang belum banyak diketahui oleh banyak khalayak
Ø Terlalu banyak data temuan yang akan dianalisis atau
diteliti
JURNAL
II
Kelebihan
Ø Menjelaskan dengan sangat jelas
Kekurangan
Ø Tidak ada kekurangan yang terlalu
banyak dalam jurnal II ini namun jikalau ada hanya dalam segi tata bahasa
yaitu, dalam jurnal ini menggunakan kata-kata atau istilah yang belum banyak
diketahui oleh banyak khalayak
Ø Terlalu banyak hal yang dilampirkan
sehingga kurangnya teliti pada para pembaca
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Saya dapat menarik kesimpulan bahwa
penjelasan di dalam kedua jurnal ini tersusun materi yang lengkap.sehingga
mahasiwa dapat memahami isi materi nya dengan mudah . pemaparan materi pada
kedua jurnal ini membahas tentang kepimpinan kepala sekolah di sekolaha atau
masyarakat .
B.
Rekomendasi
Menurut saya hasil
penelitian dari dua jurnal tersebut sudah cukup bagus namun pada jurnal pertama
saya menyarankan untuk peneliti lain yang memiliki
tema penelitian yang serupa disarankan untuk mengembangkan teori lebih luas
yang berkaitan dengan kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam mengembangkan
karakter peserta didik.
DAFTAR
PUSAKA
Amri, S. Jauhari, A. & Elisah, T. 2011. Implementasi
Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran (Strategi Analisis dan Pengembangan
Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran). Jakarta: PT. Prestasi
Pustakaraya.
Al-Banjari, R.
R. 2008. Prophetic Leadership. Yogyakarta: DIVA Press.
Idris, A. M.
2009. Aktualisasi Pendidikan Islam Respons Terhadap Problematika Kontemporer.
Surabaya: Hilal Pustaka.
Komentar
Posting Komentar