Critical Journal review


Tugas Mandiri II ( Critical Journal Review )

Jurnal I tentang Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam  
Mengembangkan Peserta Didik
&
Jurnal II Kepemimpinan profetik islam kepala madrasah



Disusun Sebagai Salah Satu Tugas Terstruktur Yang Diwajibkan Dalam Mengikuti Perkuliahan Manajemen Pendidikan Masa Kini
Oleh :
PUTRI ANNISA ( 1802050128 )
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
TAHUN 2018 / 2019




KATA PENGANTAR


Assalammualaikum Wr. Wb
           Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca. 
Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Muhammad Arifin, M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pendidikan Masa Kini yang telah membimbing kami dalam makalah ini saya membahas dan menjelaskan mengenai Critical Journal Review tentang Manajemen Pendidikan.
  Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.   
 Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.  



                                                                                          Medan,29 Maret 2019                       




                                                                                         Putri Annisa


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ______________________________________________i
DAFTAR ISI _____________________________________________________ ii
BAB I PENDAHULUAN
A.  Manfaat Critical Book Review______________________________________
B.  Tujuan Penulisan Critical Book Review _________________­­______________
C . Identitas Buku Yang Direview ______________________________________
 BAB II RINGKASAN ISI ARTIKEL
A.Pendahuluan_____________________________________________________
B. Deskripsi Isi_____________________________________________________
BAB III PEMBAHASAN
A.    Pembahasan Jurnal______________________________________________
B.
     Kelebihan dan kekurangan Jurnal__________________________________
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan __________________________________________________
B. 
  Rekomendasi untuk Jurnal________________________________________ 
DAFTAR PUSTAKA
                                               


BAB I
PENDAHULUAN
A.        Manfaat Critical Journal Review.
1.Mengetahui informasi dari kedua jurnal
2. Melatih membuat karya ilmiah
3..Meningkatkan daya pikir kritis
B.        Tujuan Critical Journal Review
1. Menggali informasi yang dalam tentang bahasa inggris
2. Menyelesaikan salah satu tugas kurikulum dan mata pembelajaran
C. Identitas Journal yang di review
Jurnal I
            1. Judul                       : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
2. Nama jurnal             : Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam    Mengembangkan Peserta Didik
            3. Edisi terbit              : Vol 2 Nomor 1 Maret 2019 Hal 32-39
            4. Penulis artikel          : Ika Alifiyah, Ali imran & Jurharyanto
            5. Penerbit                   : Universitas Negeri Malang
            6. Kota terbit               : Malang
            7. Nomor ISSN           : 2615-8574
            8. Alamat Link            : http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/
Jurnal II
1. Judul                       : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
2. Nama jurnal             : Kepemimpinan profetik islam kepala madrasah
            3. Edisi terbit              : Vol 2 Nomor 1 Maret 2019 Hal 26  - 31
4. Penulis artikel          : Agam Hyansantang Maulana,Imron Arifin & Raden Bambang  Sumarsono
            5. Penerbit                   : Universitas Negeri Malang
            6. Kota terbit               : Malang
            7. Nomor ISSN           : 2615-8574
            8. Alamat Link            : http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/



BAB II
RINGKASAN ISI ARTIKEL
      A.    PENDAHULUAN
          Review jurnal adalah salah satu cara untuk mempermudah memahami isi dari suatu jurnal ataupun hasil penelitian yang telah dilakukan atau dibuat. Tujuan dari review jurnal atau hasil sebuah penelitian untuk mempermudah dalam pembahasan isi dari hasil penelitian ataupun jurnal yang telah dilakukan atau dibuat. Oleh karena itu setiap mahasiswa, harus mampu memahami cara kriteria jurnal yang akan direview. Adapun jurnal yang akan direview adalah :

      1.             Jurnal yang dipilih adalah jurnal Internasional (berbahasa Inggris) yang memuat judul, volume, tahun, nomor jurnal, serta lembaga yang akan menerbitkannya.
      2.      Jurnal yang akan dibahas dalam review ini adalah jurnal yang sangat berkaitan dengan mata kuliah Kurikulum dan Pembelajaran

B. DESKRIPSI ISI
            1. Jurnal 1
Kepemimpinan seorang kepala sekolah adalah kemampuannya dalam mengelola/memanajemen segala sumber daya yang ada serta mempengaruhi, membimbing, mengarahkan seluruh warga sekolahnya untuk bisa ikut berpartisipasi aktif, berkontribusi, serta mendukung segala program dan aktivitas sekolah yang merupakan misi dan visi dari sekolah. Karena visi sekolah adalah kemudi dari sebuah sistem sekolah dan pemimpin atau kepala sekolah adalah pemegang kendalinya. Implementasi penerapan kepemimpinan visioner di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi ini merupakan salah satu keunikan karena sekolah ini memiliki letak lokasi yang cukup jauh dari ibu kota namun bisa mendapatkan beragam prestasi dan penghargaan dari pemerintah, serta sebagai salah satu sekolah rujukan nasional dan SMK model.Selain itu kepemimpinan kepala sekolah juga diwujudkan dalam berbagai macam prestasi baik yang diraih oleh kepala sekolah, guru, staf, hingga peserta didik. Selain prestasi diatas peneliti mendapatkan informasi bahwasanya sekolah juga memiliki gedung SMK terbesar di Indonesia yang disebut dengan “The Titanium Building”, yang pada saat ini dalam proses melanjutkan pembangunan yang direncanakan sebelumnya yaitu 7 lantai. Sekolah ini juga mendapatkan apresiasi dari pemerintah yang berupa bangunan Teaching Factory yang telah diresmikan pada 14 April 2017 oleh Mendikbud. Prestasi-prestasi yang telah diraih ini tentunya berpijak pada visi yang telah ditetapkan oleh kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yaitu: menjadi sekolah Islami, unggul, professional, entrepreneur, dan bertaraf internasional. Sehingga implementasi kepemimpinan visioner kepala sekolah ini mengembangkan nilai-nilai kepada peserta didik sehingga membentuk karakter melalui pembiasaan-pembiasaan dalam kegiatan di sekolah.
          2. Jurnal II
Kepala sekolah sebagai pemimpin, diharapkan mampu untuk selalu berhati-hati dan benar-benar serius dalam membawa nama baik sekolah yang dipimpinnya. Seorang kepala sekolah yang dapat mendorong kinerja para guru dan stafnya dengan cara menunjukkan sifat yang ramah, bersahabat, dan penuh pertimbangan terhadap sesuatu yang dihadapi baik kepala sekolah berperan sebagai individu maupun kelompok dapat menghasilkan sesuatu yang dapat meningkatkan mutu sekolah itu sendiri. Perilaku seorang kepala sekolah yang positif seperti itu akan dapat mendorong, mengarahkan, dan memotivasi para warga sekolah untuk melakukan kegiatan dan pekerjaannya dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah. Hal ini juga tidak terlepas dari bagaimana kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala sekolah dalam memimpin sekolahnya. Semakin baik prestasi sekolah yang dipimpinnya, maka
jelas kepemimpinan seorang kepala sekolah tersebut juga baik.
Indikator keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah yang bisa dipastikan dapat mencapai tujuan sekolah adalah kepemimpinan yang berlandaskan pada kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan menurut Zein (2008: 149) yang menyatakan bahwa suatu kesuksesan yang dicapai oleh Nabi Muhammad Saw selama kepemimpinannya diduga kuat karena pola yang dibangun adalah berbasis kasih sayang. Ketika pola ini dipublikasikan kepada orang-orang yang dekat dengannya, mereka berani mengorbankan apa saja yang mereka miliki. Tentu aja antusias ini diawali dari bobroknya
moral pemimpin yang selama ini memimpin mereka.
Kepemimpinan yang sudah jelas mendapatkan ridho Allah Swt maka Insyaallah akan dimudahkan segala urusannya, terutama dalam hal ini adalah pemimpin. Kepemimpinan profetik Islam ini merupakan alternatif kepemimpinan yang bisa diterapkan oleh seorang kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin di sekolah. Seperti yang dapat ditemui di MI Muhammadiyah 03 Jogoroto terutama dalam hal kepemimpinan. Pemimpin MI Muhammadiyah 03 Jogoroto melaksanakan kepemimpinan di madrasah menggunakan nilai dasar kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. Terdapat empat nilai dasar
kepemimpinan yang telah diajarkan Nabi, yaitu sidiq, amanah, tabligh, dan fatonah. Kepala madrasah yang terbilang masih berusia muda dibandingkan dengan mayoritas para guru di madrasah yang menerapkan kepemimpinan profetik Islam tidak membuat para pegawainya kehilangan rasa hormat pada kepala madrasah.


BAB III
PEMBAHASAN ISI JURNAL
A. Pembahasan
1.         Jurnal 1
Fokus penelitian ini adalah perumusan visi sekolah, proses shared vision yang dilakukan oleh kepala sekolah, proses penerapan visi oleh kepala sekolah, pendekatan yang dilakukan kepala sekolah dalam implementasi kepemimpinana visioner guna mengembangkan karakter peserta didik, dan karakter peserta didik yang dikembangkan dalam implemetasi kepemimpinan visioner kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang perilaku, tindakan, keadaan menyeluruh pada sebuah subjek penelitian. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Alasan menggunakan studi kasus adalah metode penelitian ini memusatkan perhatian pada suatu kasus yang unik secara intensif dan rinci.
2. Jurnal II
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai: (1) gaya kepemimpinan
kepala madrasah; (2) tanggapan warga madrasah mengenai kepemimpinan kepala madrasah;
(3) karakteristik kepemimpinan profetik Islam oleh kepala madrasah; dan (4) factor pendukung dan penghambat kepemimpinan profetik Islam oleh kepala madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus di MI Muhammadiyah 03 Jogoroto Kabupaten Jombang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada analisis data, teknik yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) gaya kepemimpinan profetik Islam oleh kepala madrasah; (2) warga madrasah menanggapi dengan positif mengenai kepemimpinan kepala madrasah; (3) karakteristik kepemimpinan profetik Islam oleh kepala madrasah mengamalkan sifat dasar kepemimpinan Rasul (sidiq, amanah, tabligh, dan fatonah); dan (4) lungkungan madrasah yang kondusif, rasa kebersamaan, dan tingginya komitmen menjadi faktor pendukung kepemimpinan profetik Islam oleh kepala madrasah, sedangkan factor penghambatnya adalah keterbatasan dan ketidaksempurnaan manusia.

B. Kelemahan dan Kekurangan Jurnal
JURNAL I

Kelebihan
  Ø        Menjelaskan dangan sangat jelas.
  Ø        Menyampaikan bagaimana cara atau strategi dalam evaluasi proses pengembangan manajemen pendidikan
  Ø        Mengembangkan sketsa faktor yang efektif yang bertanggung jawab untuk evaluasi manajemen pendidikan

       Kekurangan
  Ø        Tidak ada begitu banyak kekurangan dalam jurnal I ini hanya ada dalam segi tata bahasa yaitu, dalam jurnal ini menggunakan kata-kata atau istilah yang belum banyak diketahui oleh banyak khalayak
  Ø        Terlalu banyak data temuan yang akan dianalisis atau diteliti

         JURNAL II

       Kelebihan
  Ø  Menjelaskan dengan sangat jelas

           Kekurangan
  Ø  Tidak ada kekurangan yang terlalu banyak dalam jurnal II ini namun jikalau ada hanya dalam segi tata bahasa yaitu, dalam jurnal ini menggunakan kata-kata atau istilah yang belum banyak diketahui oleh banyak khalayak
  Ø  Terlalu banyak hal yang dilampirkan sehingga kurangnya teliti pada para pembaca


BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
            Saya dapat menarik kesimpulan bahwa penjelasan di dalam kedua jurnal ini tersusun materi yang lengkap.sehingga mahasiwa dapat memahami isi materi nya dengan mudah . pemaparan materi pada kedua jurnal ini membahas tentang kepimpinan kepala sekolah di sekolaha atau masyarakat .

B. Rekomendasi
            Menurut saya hasil penelitian dari dua jurnal tersebut sudah cukup bagus namun pada jurnal pertama saya menyarankan untuk peneliti lain yang memiliki tema penelitian yang serupa disarankan untuk mengembangkan teori lebih luas yang berkaitan dengan kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam mengembangkan karakter peserta didik.


DAFTAR PUSAKA
Amri, S. Jauhari, A. & Elisah, T. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran (Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Al-Banjari, R. R. 2008. Prophetic Leadership. Yogyakarta: DIVA Press.
Idris, A. M. 2009. Aktualisasi Pendidikan Islam Respons Terhadap Problematika Kontemporer. Surabaya: Hilal Pustaka.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Critical book review